BLOG UNTUK DUNIA PENDIDIKAN

PENDIDIKAN ITU SEUMUR HIDUP



Friday, March 12, 2010

Media Pembelajaran

Menonton televisi saat ini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat, mulai dari anak-anak sampai ke kakek nenek. Apa hikmah yang bisa diambil dari animo masyarakat ini?. Televisi adalah salah satu media untuk meningkatkan pengetahuan secara umum, disamping faktor hiburan dan berita.

Ada satu hal yang amat menarik, apabila kita konversikan hal tersebut diatas di dalam proses pembelajaran, terutama disekolah menengah kejuruan bidang teknologi dan rekayasa. Banyak metode pembelajaran yang telah dicobakan pada peserta didik,namum apabila tidak ditunjang dengan alat bantu ( media ) pembelajaran yang menunjang sacara audio visual, maka faktor daya ingat dan daya serap siswa akan jauh berbeda hasilnya dibandingkan dengan tanpa media pembelajaran.

Dari pengamatan dan pengalaman saya mengajar selama lebih kurang 20 tahun, terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran yang menerapkan media pembelajaran dengan tanpa media. Hal ini disebabkan karena adanya keterlibatan siswa secara langsung ( interaktif ) selama PBM berlangsung. Apalagi jika media mengandung unsur suara ( audio ) dan gambar ( video ).

Sejalan dengan perkembangan teknologi, saat ini guru didepan kelas bukan lagi satu-satunya sumber belajar disamping buku diperpustakaan. Dengan media Internet misalnya banyak sekali materi, media dan sumber belajar yang dapat di ambil ( download).

Pada blog ini saya akan mencoba menyajikan berbagai media pembelajaran yang saya rakit sendiri seperti Pesawat Televisi Trainer, Radio Penerima dan Pemancar AM/FM Trainer, Pesawat latih untuk pembelajaran di SD, SMP dan SMA yang sesuai dengan KTSP di masing-masing tingkat.

Mudah-mudahan pada tulisan berikutnya akan kita uraikan secara detail dari masing-masing bagian yang mendukung terhadap media pembelajaran itu sendiri.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silakan tinggalkan komentar, terima kasih. wassalam