BLOG UNTUK DUNIA PENDIDIKAN

PENDIDIKAN ITU SEUMUR HIDUP



Saturday, March 20, 2010

Komunikasi dengan metoda modulasi

Proses penumpangan sinyal informasi(suara,gambar,dll)kepada frekwensi radio yg lebih tinggi disebut modulasi.Akibat dicampurnya dua macam frekwensi yaitu frekwensi rendah ( sinyal informasi ) dengan frekwensi tinggi ( frekwensi radio ), maka akan terjadi perubahan sifat dari frekwensi pembawa tersebut karena pengaruh penjumlahan dan selisih dari kedua gelombang tersebut.Jika yg berobah adalah amplitudo gelombang pembawa, maka disebut Modulasi Amplitudo ( Amplitu Modulation = AM ) dan jika yg berobah adalah frekwensi gelombang pembawa maka disebut modulasi frekwensi ( Frequency Modulation = FM ).

Pemancar dengan sistem AM dipakai untuk radio Medium Wave( MW)dan Short Wave (SW) , ORARI untuk jalur 80 meter,40 meter dan 11 meteran, sedangkan pemancar FM digunakan untuk radio FM ( 88 MHz s/d 108 MHz ),radio ORARI jalur frekwensi 144 MHz ( 2 meteran)

Pesawat Televisi memancarkan suara dengan sistem modulasi frekweni ( FM ) sedangkan gambarnya dipancarkan dengan modulasi amplitudo ( AM ). Pesawat penerima siaran via satelit sistem analog menerima dan mengolah informasi suara dan gambar dengan sistem FM. Banyak lagi jenis peswat elektronika yang menerapkan kedua sistem modulasi diatas tetapi masih menggunakan cara-cara analog.

Untuk komunikasi terkini menggunakan sistem modulasi phase dengan menggunakan gelombang pembawa berbentuk pulsa ( gelombang kotak ). Sinyal informasi yang ditumpangkan juga berbentuk pulsa, cara ini disebu metode modulasi digital, sehingga memungkin adanya komunikasi antar komputer, siaran digital seperti DVD broadcasting, internet, hand phone, dll. Hal ini akan dibahas lebih lanjut.

1 comment:

  1. Pak..tolong dongk terbitkan juga skema2 rangkaian yang ada kaitannya dengan modulasi..agar kami siswa kelas IX bisa mencobanya sedikit....
    Terus iniada permintaan dari teman2 katanya minta rangkaian2 tulus kit,terutama amplifier....makasih ya Pak...

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca blog saya, silakan tinggalkan komentar, terima kasih. wassalam