BLOG UNTUK DUNIA PENDIDIKAN

PENDIDIKAN ITU SEUMUR HIDUP



Monday, April 12, 2010

Pemancar Radio sistem Amplitudo Modulasi

Gelombang pembawa pada pemancar AM dibangkitkan oleh osilator, kemudian dikuatkan beberapa kali dengan penguat frekwensi radio sampai penguat terakhir yang disebut " Final RF Amplifier. Pada tingkat inilah dicampurkan ( dimodulasikan ) sinyal suara yang dikuatkan secara terpisah , mulai dari penguat awal ( pre-amplifier ) sampai penguat daya audio terakhir. Untuk mencampurkan kedua frekwensi tersebut ( RF dengan Audio ) biasanya diapkai trafo modulasi, sehingga terjadilah perubahan amplitudo gelombang pembawa oleh kuat lemahnya sinyal audio.

Pemancar sistem modulasi amplitudo ini masih dipakai sampai saat ini terutama untuk radio broadcasting pada jalur "High Frequency = HF ) yaitu antara 3 s/d 30 MHz. Disamping itu juga untuk radio ORARI, pemerintah, dll.

Dari segi kualitas suara pemancar AM memang kalah dibandingkan dengan pemancar FM karena keterbatasan lebar pita frekwensi yang dipancarkan, juga pengaruh desah, dan lain-lain. Namun pemancar ini masih digemari karena biaya pembuatannya relatif lebih murah demikian juga operasionalnya.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silakan tinggalkan komentar, terima kasih. wassalam